Pengertian Backdoor dan Cara Mengatasinya



Sebagian orang pengguna komputer pasti pernah mendengarkan kata 'Backdoor'. Bagi kalian yang belum paham apa itu Backdoor, saya akan menjelaskannya disini.

Backdoor atau "pintu belakang", dalam keamanan sistem komputer, merupakan akses khusus yang dibuat oleh seorang programmer untuk dapat masuk ke dalam sistem. Tidak semua programmer mengerti setiap perintah yang terdapat di dalam sistem operasi. Di dalam sistem operasi seorang programmer memasukkan perintah-perintah tertentu. Dari perintah-perintah inilah seorang hacker dapat melewati perintah-perintah yang harus dilalui apabila seseorang memasuki suatu sistem operasi tapi kode-kode yang disisipkan tersebut tidak mempengaruhi kinerja sistem operasi. Backdoor pada awalnya dibuat oleh para programer komputer sebagai mekanisme yang mengizinkan mereka untuk memperoleh akses khusus ke dalam program mereka, seringnya digunakan untuk membenarkan dan memperbaiki kode di dalam program yang mereka buat ketika sebuah crash akibat bug terjadi.

Beberapa pengembang perangkat lunak menambahkan backdoor ke dalam program buatannya untuk tujuan merusak (atau tujuan yang mencurigakan). Sebagai contoh, sebuah backdoor dapat dimasukkan ke dalam kode di dalam sebuah situs belanja online (e-commerce) untuk mengizinkan pengembang tersebut memperoleh informasi mengenai transaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual, termasuk di antaranya adalah kartu kredit.

Banyak virus worm komputer, seperti Virus Sobig dan Virus Mydoom , menginstal backdoor pada komputer yang terkena (umumnya pada PC yang terhubung sebuah jaringan dan menjalankan Microsoft Windows dan Microsoft Outlook ).


Cara mengatasi Virus Backdoor

Cara yang umum dilakukan untuk memperbaiki sistem yang terpasang backdoor adalah dengan menginstal ulang sistem atau jaringan tersebut. Atau bisa juga dengan mengembalikan atau restore backup sistem yang masih belum terpasang backdoor.


Demikian penjelasan backdoor dan bagaimana cara mengatasi backdoor. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca ini.
Next Post Newer Post Previous Post Older Post Home

2 comments :